CLOSE ADS
CLOSE ADS

KPID Sulteng: Edukasi Literasi Media untuk Tingkatkan Kemampuan Kritis Pelajar

SuaraNegeri.com
25 Juli 2023 | 18:58 WIB Last Updated 2023-07-25T11:58:51Z

SUARA NEGERI | PALU — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah, mengekar literasi media kepada para siswa di Sekolah menengah Kejuruan (SMK) negeri 2 Palu, Selasa (25/7/2023).

Literasi media yang dikemas dengan mana KPID Sulteng Fest 2023 school to school ini, KPID Sulteng selain menghadirkan narasumber Ketua KPID Sulteng, Indra Yosvidar, juga nenghadirkan Ketua Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah  DR Ir, Alimuddin Pa’ada, serta Ketua Ikatan Jurnalistik Telivisi Indonesia (IJTI) Sulteng, Hendra 


Literasi media KPID Sulteng Fest 2023 school to school di SMK 2 Palu ini, diikuti ratusan siswa siswi dari kelas Broadcasting. Selain itu, tempat berlangsungnya kegiatan berada di gedung studio yang menjadi pusat aktifitas proses belajar mengajar bagi siswa kelas broadcasting.

Menariknya, KPID Sulteng Fest 2023, para siswa sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan literasi. Terlebih lagi, selama kegiatan dipandu dari Tribun Networt-TribunPalu. Selain hiburan berupa tampilnya bintang tamu penyanyi local Palu, para siswa juga mendapatkan doorprize yang disiapkan KPID Sulawesi Tengah.

Sharring pertama disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Alimuddin Pa’ada, yang menguraikan tentang kondisi Pendidikan di Sulawesi Tengah, termasuk keberadaan sekolah kejuruan yang ada.

Pada kesempatan itu, Alimuddin memaparkan kondisi terkini tentang mutu Pendidikan di Sulteng. Meski belum memuaskan, namun wakil Kota Palu di DPRD Sulteng ini tetap optimism utu Pendidikan di Sulteng terjadi peningkatan.

Salah satu peningkatan mutu Pendidikan itu, dijelaskan Alimuddin Pa’ada yakni dengan melengkapi insfrastruktur sekolah, termasuk peningkatan SDM tenaga pengajar. Bahkan, ia menjanjikan untuk mengawal peningkatan mutu sekolah yang ada di Sulteng.

Ketua KPID Sulteng, Indra Yosvidar, pada sharring kedua, membawakan materi tentang bagaimana siswa cerdas dalam memilih siaran sehat di era digitalisasi. 

Selain memaparkan pentingnya keterlibatan para siswa mengawal penyiaran yang ada khususnya di Kota Palu, juga para siswa diberikan pemahaman dampak dari siaran-siara yang ada, baik itu siaran televisi dan radio.

Sementara itu, sharing ketiga, Ketua IJT Sulteng, Hendra, lebih focus bagaimana menjadi jurnalistik televisi yang baik dan benar. 

Hendra yang juga jurnalis TVRI Sulteng ini, banyak memberikan motivasi kepada siswa untuk tekun mendalami dunia jurnalistik televisi. Ia berharap para siswa selesai menempuh Pendidikan untuk tetap menekuni dunia broadcasting.

KPID Sulteng Fest 2023 diakhiri dengan pemberian doorprize serta piagam kepada siswa yang mengikuti kegiatan.

Hadiri pada kegiatan KPID Sulteng Fest 2023 school to school, komisioner KPID Sulteng, Andi Kaimuddin  (wakil ketua), Yeldi S Adel (korlem), Muhammad Wahid (kordintor pengawasan isi siaran), Ricky Yuliam (anggota pengawasan isi siara), Muhammad Ramadhan Taher (coordinator PS2P). 

(Syahril Hantono)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPID Sulteng: Edukasi Literasi Media untuk Tingkatkan Kemampuan Kritis Pelajar

Trending Now

Iklan