CLOSE ADS
CLOSE ADS

Dandim Pemalang Menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Redaksi Utama
20 Mei 2024 | 16:27 WIB Last Updated 2024-05-20T09:27:15Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke - 116 tahun 2024 dengan tema "Bangkit untuk Indonesia Emas" bertempat di Alun alun Kabupaten Pemalang, bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Pemalang H. Mansyur Hidayat ST., M. Ling, Senin  (20/5/2024)

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kabag Sumda polres Pemalang Kompol Pranata, Dansat Radar 12 Tegal Letkol Lek Prasetiyo Tri Adi Nugroho S.T., M.Tr. SOU,  anggota DPRD Kab. Pemalang Khudori,  Kasi intel Kejaksaan Negeri Pemalang Ernawan, SH., Ketua Pengadilan Negeri Pemalang Cahyono Riza SH. MH.,  Kepala pengadilan agama Kab. Pemalang Salahudin Sibaga Bariang SH. MH.,  Para Kepala OPD Kab. Pemalang dan Ketua tim penggerak PKK Kab. Pemalang Ny. Rosalia Mansur Hidayat

Adapun sebagai pasukan upacara Korsik Pemda Pemalang,  anggota Kodim 0711/Pemalang,  Lanal Tegal,  Satradar Tegal , Polres Pemalang, Satpol PP dan Dishub Pemalang, gabungan korpri pemda Pemalang,  Damkar Pemalang, gabungan Senkom, KNPI, PPI, PPM dan FKPI Kab. Pemalang,  gabungan Mahasiswa,  gabungan siswa - siswi SMA dan pramuka penegak.

Dalam amanatnya  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan Setiap tanggal 20 Mei, bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Peringatan ini ditujukan untuk mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan bangsa yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun 2024, para pejabat dari berbagai instansi hadir dan memberikan dukungan terhadap kemajuan Indonesia ke depannya.

Selanjutnya, Boedi Oetomo merupakan awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda, dan pemikiran-pemikiran tersebut melahirkan semangat kebangkitan nasional.

“Para tokoh kemerdekaan, seperti Kartini, telah mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Pendidikan merupakan jalan yang dapat membantu membebaskan manusia, sekaligus membebaskan bangsa dari belenggu penjajahan. Bagi Kartini, pendidikan merupakan jalan yang dapat menguak horizon dan peradaban baru bagi kaum Bumiputera”, tuturnya.

Menkominfo juga menyampaukan, bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 ini juga menjadi momen yang tepat untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kita harus menangkap momen ini dan memanfaatkan semua sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital yang kita miliki sebagai modal dasar untuk terus maju.

“Adopsi teknologi digital dapat membantu Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depannya. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah, bisnis, dan masyarakat umum harus bekerja sama dalam menyediakan infrastruktur teknologi digital yang cukup, serta meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang teknologi. Hal ini akan memungkinkan Indonesia untuk tetap berkompetisi dan meningkatkan kemajuan di masa depan” tambahnya.

Diakhir amanatnya Menkominfo mengatakan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun 2024, banyak upacara dan kegiatan dilaksanakan di seluruh tanah air. Hal ini menunjukkan bahwa semangat kebangkitan nasional masih terus dipelihara dan ditanamkan pada diri dan hati setiap warga Indonesia. Melalui semangat ini, Indonesia pasti akan terus maju dan berkontribusi bagi kemajuan dunia.  Semoga Indonesia terus bangkit dan berkembang menjadi Indonesia Emas. (rl/Himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dandim Pemalang Menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Trending Now

Iklan