CLOSE ADS
CLOSE ADS

Dandim Pemalang Resmi Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Penakir

SuaraNegeri.com
07 Juni 2024 | 18:46 WIB Last Updated 2024-06-07T11:46:15Z

SUARA NEGERI | PEMALANG —  Kodim 0711/Pemalang menggelar upacara penutupan  TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2024, bertempat di lapangan desa Penakir, kecamatan Pulosari, kabupaten Pemalang, pada Jumat (7/6/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif, S.Hub. Int.,  sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 08/Randudongkal Kapten Arm Eko Budiharjo dan diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab. Pemalang, Korpri Unit kecamatan Pulosari,  Perangkat desa Penakir, Linmas, Karang Taruna dan Osis.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Irup Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif, S. Hub. Int ,selaku Komandan satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ,meyampaikan, bahwa Program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerahdaerah terpencil.

Menurut Pangdam, TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 kali ini mengambil tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah". Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

“Pada program tahap Il TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh”, tuturnya.

Pada penyelenggaraan TMMD tahap ini, kata Pangdam,  telah berhasil diselesaikan pekerjaan sasaran fisik seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan, Rehab masjid dan pos Siskamling. Sementara iłu untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi penegakan Perda, penyuluhan kesehatan dan penurunan stunting, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam.

Selanjutnya juga dilaksanakan sasaran yang menjadi program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, Rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan dan Rehab masjid.

Pangdam juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Sebagai tanda ditutupnya TMMD Sengkuyung II Tahun 2024 di desa Penakir kecamatan Pulosari kabupaten Pemalang,  Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif, S.Hub . Int., melepas pita tanda perwakilan pekerja TMMD, penandatangan naskah berita acara dan penyerahan berita acara hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2024 dari Dansatgas TMMD kepada Bupati yang di wakili Sekda kabupaten Pemalang  Heriyanto, S.Pd., M.Si.
  
Selesai upacara penutupan unsur Forkopimda Pemalang melaksanakan pemotongan pita tanda diresmikannya hasil Sengkuyung tahap II TA. 2024 di desa Penakir kecamatan Pulosari kabupaten Pemalang dilanjutkan peninjauan sasaran fisik  berupa  Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 318 meter lebar 3 meter dengan ketebalan 0,15 meter.  Pembuatan talud 1 sepanjang 315 meter tinggi 1,1 meter dan lebar 0,30 meter. Pembuatan talud 2  sepanjang 55 meter  tinggi 1,8 meter dan lebar 0,40 meter. (rl/Himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dandim Pemalang Resmi Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Penakir

Trending Now

Iklan