CLOSE ADS
CLOSE ADS

Pramono Anung Laris Manis, Di Usulkan Maju Pilkada Jatim

SuaraNegeri.com
30 Juni 2024 | 15:35 WIB Last Updated 2024-06-30T08:35:22Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP memiliki banyak calon kepala daerah untuk diusung dalam Pilkada Jawa Timur. Di antaranya Mensos Tri Rismaharini, MenPANRB Abdullah Azwar Anas, Seskab Pramono Anung hingga Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin).

"Pilkada Jatim ya kita juga, partai memiliki begitu banyak calon kepala daerah. Dari kepala daerah incumbent misalnya itu muncul beberapa nama. Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung, Pak Pramono ini laris manis ini, ada yang mengusulkan di Jakarta ada yang ngusulkan di Jawa Timur," kata Hasto di GBK Jakarta, pada Sabtu (29/6/2024).

Ia menambahkan, PDIP masih menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik untuk koalisi Pilkada 2024. Dia mengatakan, PDIP mendorong kader internal untuk maju dalam kontestasi Pilkada.

"Kami komunikasi dengan PKB, kami komunikasi juga dengan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah Jawa Timur, tapi untuk daerah lain kami juga melakukan komunikasi politik, ini proses yang sangat dinamis, sehingga partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju dan bekerja sama dengan mereka yang digembleng baik melalui jalur birokrasi, jalur profesional, jalur purnawirawan TNI Polri kemudian juga dari kalangan pers misalnya," ujarnya.

Profil Pramono Anung Wibowo

Pramono Anung Wibowo lahir di Kediri, 11 Juni 1963. Pramono menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) Kabinet Kerja sejak 12 Agustus 2015. 

Dia diangkat sebagai Seskab berdasarkan Keppres Nomor 8/P 2015 tanggal 12 Agustus 2015.

Saat Joko Widodo (Jokowi) kembali menjadi presiden pada 2019-2024 dan membentuk Kabinet Indonesia Maju, Pramono kembali dipercaya sebagai Seskab. Dia diangkat berdasarkan Keppres Nomor 115/P 2019 tanggal 23 Oktober 2019.

Sebelum menjadi orang penting di Istana, Pramono dikenal sebagai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Lulusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, dan doktor Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjadjaran ini pernah menjadi Wakil Sekjen DPP PDIP.

Pada tahun 2005, Pramono naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Di legislatif, Pramono menjadi anggota DPR sejak 1999. Dia pernah menjabat posisi penting, yakni wakil ketua DPR RI periode 2009-2014.

Demikian ulasan tentang profil Pramono Anung Wibowo yang laris manis dilirik PDIP bertarung di Pilkada Jatim 2024.(by)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pramono Anung Laris Manis, Di Usulkan Maju Pilkada Jatim

Trending Now

Iklan