CLOSE ADS
CLOSE ADS

Utoyo Utomo: Penanganan Sampah Desa Harus Ada Peran Kepala Desa dan Masyarakat

SuaraNegeri.com
28 Juni 2024 | 07:20 WIB Last Updated 2024-06-28T00:20:00Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Penanganan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),  masalah Sampah  dan pengolahan limbah  cair  lingkungan  di Desa Wiyoro Wetan 

Pengolahan Sampah menurut undang -undang tidak boleh di bakar, tidak boleh di timbun. Alternatifnya, ya  di pilah -pilah yang bermanfaat seperti Kardus, Plastik dibuatkan Tempat Sampah, organik untuk Pupuk Kompos dan Sampah yang  tercampur  tidak bisa dikelola disarankan dibakar dengan  Incenerator.

Demikian disampaikan Utoyo Utomo Kepala Desa Wiyoro Wetan usai ikuti rakor di Hotel Regina Pemalang, pada Kamis 27 Juni 2024.

Menurut Utoyo, semua pengelolaan itu perlu adanya biaya yang besar dan tentunya memerlukan  tempat yang luas, yang penting di desa ada pengelolaan biarpun skala kecil atau skala besar. 

"Artinya berkala secara akumulasi setiap hari tentu akan bersih karena banyak masyarakat yang abai membuang sampahnya sembarangan," kata dia.

"Peran kepala desa kepada RT, RW dan  masyarakat setempat harus siapkan tempat Sampah, juga diberikan pengertian tentang kebersihan lingkungan," imbuhnya.

Pada bagian lain, Utoyo juga menjelaskan tentang MAD Bundesma Rukun Makmur Ulujami yang giatnya pada Senin kemarin, dalam produksinya Bumdesma Rukun Makmur Ulujami menurut catatan bukunya mengalami kerugian sangat luar biasa sampai 500 juta dengan catatan adanya persaingan perdagangan online dan produksi-produksi pribadi sehingga produksinya kalah saing atau kurang laku.

Dia menegaskan untuk langka selanjutnya harus mengikuti perkembangan jaman seperti Bandeng Salto, Produksi Roti pemasaran menggunakan online harus dibuatkan digital marketing online atau Pasar online. 

"Mengingat kondisi seperti ini, kami semua teman-teman penanaman modal ya mengesahkan secara legowo dengan catatan harus ada penyehatan Bumdesma dengan membuat tim penyehatan untuk menagih piutang-piutang yang ada," tutupnya. (Rudi).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Utoyo Utomo: Penanganan Sampah Desa Harus Ada Peran Kepala Desa dan Masyarakat

Trending Now

Iklan