CLOSE ADS
CLOSE ADS

Bak Raja, Asrofi Naik Kerata Kencana Saat Arak Arakan Ruwat Bumi

SuaraNegeri.com
26 Juli 2024 | 20:37 WIB Last Updated 2024-07-26T13:37:28Z

SUARA NEGERI | BREBES — Meski pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum dibuka Di Brebes.

H Asrofi, Bakal calon bupati Brebes periode 2024-2029, di tengah tengah masyarakat sepertinya sudah mendapat simpati.

Hal itu terlihat saat menghadiri arak arakan gunungan tumpeng sedekah bumi di Desa Krakahan Kecamatan Tanjung Brebes, Jum'at 26 Mei 2024.

Bakal calon bupati itu bahkan bak raja disambut hangat dan meriah warga setempat, dengan mendapat kehormatan menaiki kereta kencana yang disiapkan panitia.

"Panitia memberikan penghormatan kepada bapak Asrofi yang berkesempatan hadir dalam acara ini, sehingga sebagai bukti penghormatan, kami menyiapkan sebuah kereta kencana untuk di naikin Pak Asrofi,"  kata Daryono, ketua panitia pelaksana.

Disebutkan panitia arak arakan gunungan tumpeng itu rangkaian acara sedekah bumi dan do'a bersama dalam rangka menyebut tahun baru Islam, sekaligus simbol rasa bukti rasa syukur.

"Ini adalah rangkaian acara ruwat bumi sebagai ungkapan rasa syukur yang digelar tiap tahun, selain acara arak arakan tumpeng hasil bumi, juga digelar pengajian umum dan do'a bersama," katanya.

Sementara dalam prosesi arak arakan, Asrofi menaiki kereta kencana dengan menggunakan baju batik dan penutup kepala khas.

Sepanjang jalan rute arak arakan,  Ratusan warga sekitar bahkan antusias menyapa bakal calon bupati itu.

Usai acara, Asrofi menyampaikan rasa haru dan bangganya disambut baik oleh warga,  "Saya tak menyangka ternyata warga desa Krakahan sangat antusias menyambut kehadiran saya, bahkan diberi penghormatan ikut prosesi arak arakan dengan diberi tumpangan kereta kencana, terima kasih warga Krakahan," katanya.

Dikatakanya, ia juga sangat mengapresiasi acara sedekah bumi yang menurutnya sebagai ungkapan rasa syukur dan sekaligus upaya melestarikan kearifan budaya lokal. 

Selain itu, disebutkan Asrofi, antusias warga ini sebagai bukti mereka merindukan sosok pemimpin untuk perubahan menuju Brebes lebih baik, menurutnya dirinya yang merupakan kandidat calon bupati Brebes menjadi salah satu harapan mereka.

"Meski ini adalah suatu tantangan, namun sudah menjadi kebulatan tekad kami maju berihtiar di Pilkada Brebes, ini bukan semata mata untuk mencari jabatan, tapi lebih pada niat pengabdian tulus untuk mensejahterakan masyarakat Brebes, hal itu karena ada niat saya untuk imbal balik dari apa yang saya terima dari saripati bumi Brebes," ungkapnya. (ron)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bak Raja, Asrofi Naik Kerata Kencana Saat Arak Arakan Ruwat Bumi

Trending Now

Iklan