CLOSE ADS
CLOSE ADS

Dua Jendral Di Prediksi Bakal Bertarung Di Pilkada Jateng

SuaraNegeri.com
25 Juli 2024 | 06:36 WIB Last Updated 2024-07-25T00:24:30Z

SUARA NEGERI | SEMARANG — Mantan panglima TNI sekaligus kader PDIP Jenderal Purn Andika Perkasa dikabarkan akan menjadi cagub yang bakal diusung PDIP di Jawa Tengah.

Isyarat itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang 'Pacul' Wuryanto. Bahkan Ia mengakui ada banyak usulan di tingkat elite agar Andika Perkasa maju pada Pilkada Jateng 2024. 

"Ya, di pusat sana memang ada usulan seperti itu. Akan tetapi, penetapannya tentu oleh Ibu Ketua Umum. Sampai hari ini belum ditetapkan," kata Bambang Pacul usai rapat koordinasi pilkada di Panti Marhen, Semarang, kemarin.

Sementara memang sudah beredar rumor di kalangan DPP PDI Perjuangan mengenai kemungkinan Andika untuk dicalonkan di Jateng. 

Munculnya nama Andika, menurut dia, sebenarnya bukan bermaksud untuk diadu dengan kandidat lain yang kebetulan juga jenderal, yakni Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, melainkan lebih karena sosok dan pengalamannya. 

"Bukan berarti kami ingin mengadu atau membenturkan, sama sekali tidak," kata Bambang menepis rumor yang beredar akhir-akhir ini. 

Menurutnya, Andika merupakan sosok yang mumpuni untuk memimpin Jateng ke depan dengan segudang pengalamannya, termasuk sebagai panglima TNI. 

"Pak Andika Perkasa adalah sosok yang bisa membikin kami, kawan-kawan PDI Perjuangan, mungkin ada rasa sedikit aman dan nyaman, begitulah kira-kira," ujarnya.

Bambang menilai figur Pak Andika, di samping bintang empat (jenderal), mantan panglima, orangnya juga simpatik. 

Pilkada Jateng 2024  dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 27 November mendatang. Beberapa nama sebelumnya juga sudah muncul meramaikan bursa Pilkada Jateng seperti Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, kemudian Sudaryono (Ketua DPD Partai Gerindra Jateng), hingga Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Namun, belakangan Sudaryono dikabarkan tak meneruskan pencalonannya pada Pilkada Jateng setelah menjadi Wakil Menteri Pertanian. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ganjar Pranowo, juga menyampaikan serupa. Dia menyebut di internal PDIP masih terus dibahas terkait nama yang akan dicalonkan di Pilgub Jateng, salah satunya Andika Perkasa.

"Belum sih, belum tahu, nanti akan ditugaskan ke mana, termasuk beliau (Andika Perkasa) sendiri sebagai kader pasti siap," ucapnya. (Evi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Jendral Di Prediksi Bakal Bertarung Di Pilkada Jateng

Trending Now

Iklan