CLOSE ADS
CLOSE ADS

Herawati Mufid: Pengawas Pemilu Harus Miliki Kompetensi dan Integritas Tinggi

SuaraNegeri.com
12 Juli 2024 | 06:49 WIB Last Updated 2024-07-11T23:49:32Z

SUARA NEGERI | SELAYAR — Sumber daya pengawas pemilu yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi merupakan jaminan utama terhadap keberhasilan pengawasan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Oleh karena itu, Bawaslu Kepulauan Selayar melaksanakan proses fasilitasi dan pembinaan terhadap seluruh jajaran pengawas pemilu menjadi kebutuhan penting yang harus dilaksanakan. 

Demikian disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kepulauan Selayar, Herawati Mufid, saat memberikan pengarahan pada kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Pengawas Pemilu di Hotel Rayhan Benteng Selayar, pada Kamis (11/7/2024).

“Saya minta rekan-rekan semua untuk mengedepankan asas keadilan dalam penanganan masalah pada seluruh proses tahapan Pilkada. Output kegiatan ini adalah menyatukan, menyamakan pendapat dalam pengawasan pada setiap tahap pemilu yang sedang berlangsung saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herawati Mufid menekankan pentingnya memegang prinsip utama seorang pengawas pemilu, yakni Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas. Hal ini merupakan prinsip yang harus terus dipegang teguh oleh setiap pengawas pemilu.

Kegiatan fasilitasi dan pembinaan ini dilaksanakan setelah Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Pelanggaran Pemilukada 2024 di tempat yang sama.

Ketua KPU Kepulauan Selayar, Andi Dewantara, selaku pemateri dalam kegiatan tersebut memaparkan tiga hal, yakni cara menangani berbagai kendala dan hambatan pada saat melakukan verifikasi patwal, membangun hubungan komunikasi antara Verifikator PPS dengan Pengawas, dan cara memecahkan permasalahan.

“Hal yang banyak juga saya sampaikan adalah jalan keluar jika terjadi permasalahan lebih mengarah kepada SDM cara berpikir, sehingga kalau cara berpikir sudah sama maka cara bertindak pun akan sama untuk menyelesaikannya. Nah, itulah inti dari kegiatan ini,” ungkapnya. (Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Herawati Mufid: Pengawas Pemilu Harus Miliki Kompetensi dan Integritas Tinggi

Trending Now

Iklan