CLOSE ADS
CLOSE ADS

Mampukah RK Menaklukkan Jakmania?

SuaraNegeri.com
14 Agustus 2024 | 09:46 WIB Last Updated 2024-08-14T02:46:02Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Sudah bukan rahasia lagi, Bobotoh dan dengan Jakmania (suporter Persija) memiliki sejarah perselisihan panjang yang hingga saat ini belum sepenuhnya terselesaikan. 

Ridwan Kamil berasal dari Bandung, tempat klub sepak bola Persib Bandung berasal. Dia sempat beberapa kali menonton Persib berlaga selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat dulu.

Kini, setelah diumumkan akan maju sebagai calon gubernur di Jakarta, Ridwan Kamil mengklaim akan mencintai Jakarta sepenuhnya, termasuk Persija dan para The Jakmania. 

“Kalau saya ke Jakarta saya akan mencintai dengan seisinya, termasuk Persija,” kata Ridwan Kamil di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada Kamis malam (8/8).

Dengan latar belakang pendukung Persib, jelas Ridwan Kamil akan mendapatkan penolakan dari Jakmania yang didominasi warga Jakarta. 

"Ridwan Kamil bisa jadi masih dipersepsi oleh sebagian besar Jakmania bagian dari suporter Persib yang dikenal sebagai Bobotoh," kata Mas Yu, salah satu jakmania.

Ia menjelaskan, saat ini akun sosial Instagram Jakmania memiliki pengikut hampir 4 juta. Dengan jumlah sebanyak itu, tentu Jakmania akan menjadi rebutan bagi cagub yang berkontestasi di Jakarta.

"Kalau itu masih terjadi, maka peluang Ridwan Kamil mendapat dukungan Jakmania tampaknya tidak akan signifikan. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan terjadi penolakan terhadap Ridwan Kamil," imbuhnya.

"Maka peluang RK untuk mendapat dukungan dari Jakmania tampaknya tidak akan signifikan, Ini menjadi Salah satu tantangan terbesar RK di Jakarta, tentu saja soal sosoknya yang lekat dengan status bobotoh alias pendukung Persib Bandung," pungkas Mas Yu. (640/zan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mampukah RK Menaklukkan Jakmania?

Trending Now

Iklan