CLOSE ADS
CLOSE ADS

Ribuan Jamaah Hadiri Haul Mbah KI Ageng Cempaluk Ke-10 Desa Kesesirejo

SuaraNegeri.com
04 Agustus 2024 | 20:20 WIB Last Updated 2024-08-04T13:20:50Z

SUARA NEGERI | BODEH — Haul Mbah Ki Ageng Cempaluk ke 10 di Desa Kesesi Rejo 2024 berlangsung semarak di Halaman Makam, pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Menurut cerita beberapa sumber, Ki Ageng Cempaluk, konon punya hubungan dekat dengan Pangeran Benawa Raja Pajang ke 2, putra Jaka Tingkir. 

Dalam cerita babad disebut dengan nama ki Bahu, bersama Ki Wira dan 2 orang lagi sahabat P, Benawa ikut membedah alas Kukulan di Kaliwungu Kendal. 


Berikutnya sebutan Ki Bahu ini diturunkan kepada anaknya (Nunggak Semi) disebut Jaka Bahu. Atas Jasanya membantu P. Benawa membuat alas, Ki Bahu mendapat kehormatan dari Panembahan Senopati Raja Mataram waktu itu dengan gelar Kyai Ngabehi Bahurekso. Perdikan Kesesi diberikan kepada Ki Ageng Cempaluk.

Kemungkinan berkat besar jasanya mendampingi P. Benawa sahabat dekat sekaligus kakak Angkat Panembahan Senopati Raja Mataram I. Dimasa Raja Hanyakrawati, Raja kedua Mataram putra Panembahan Senopati,

Ki Ageng Cempaluk diminta membantu babad ALas Roban untuk memperluas area persawahan, dan membangun waduk dengan membendung Kali Sambong. 

Tugas itu dilimpahkan kepada putranya Jaka Bahu. Setelah melewati berbagai rintangan Jaka Bahu berhasil mengatasi berbagai permasalahan, dan sukses membuka alas Roban serta membangun Waduk dengan membendung Kali Sambong untuk pengairannya. Daerah ini berikutnya menjadi cikal bakal Kadipaten Batang. 

Berkat jasanya tersebut Jaka Bahu mendapat ganjaran dari Raja Mataram diangkat menjadi Bupati Kendal dengan Gelar Tumenggung Bahurekso nunggak semi gelar ayahnya, Sedang daerah Batang.

Setelah  berkembang pemerintahannya, diserahkan kepada P. Mandurorejo sebagai Adipatinya pada Jaman pemerintahan Sultan Agung, itu kutipan sedikit sejarah Ki  Ageng Cempaluk.

Guna mengenang jasa jasa KI Ageng Cempaluk setiap tahun diadakan Haul dan Do'a oleh masyarakat setempat.

Siswanto Ketua Panitia Pelaksanaan, saat diwawancarai SuaraNegeri.com di lokasi, dia menyampaikan, saya mewakili rekan rekan Panitia terima kasih atas bantuan  rezekinya  tadi  diberikan dari para jamaah hadir pada Haul hari ini. 

"Mudah -mudahan rezeki  yang diberikan mendapatkan barokah," kata Siswanto.

"Antusias pengunjung dalam Haul ke 10 sangat luar biasa patut kami apresiasi," imbuhnya.

"Jika kami dan rekan-rekan panitia dalam penyediaan tempat atau ugo rape kurang berkenan, mohon maaf yang sebesar besarnya," ucap Siswanto.

Harapan kami, lanjut dia, pada Haul tahun depan lebih ramai lagi dan pengunjungnya lebih banyak. (Rudi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ribuan Jamaah Hadiri Haul Mbah KI Ageng Cempaluk Ke-10 Desa Kesesirejo

Trending Now

Iklan