CLOSE ADS
CLOSE ADS

Kapolres Purbalingga Bantu Evakuasi Barang di Lokasi Kebakaran Toko 8 Saudara

SuaraNegeri.com
19 September 2024 | 08:28 WIB Last Updated 2024-09-19T01:28:03Z

SUARA NEGERI | PURBALINGGA — Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto mendatangi lokasi kebakaran, pada Rabu (18/9/2024) sore. 

Kebakaran menimpa sebuah toko perlengkapan rumah di Jalan DI Panjaitan Purbalingga.

Kapolres Purbalingga dengan sigap membantu evakuasi barang-barang isi toko yang masih dapat diselamatkan. Evakuasi tersebut dilakukan bersama dengan karyawan toko dan sejumlah warga sekitar lokasi kejadian.

Tidak hanya itu, Kapolres juga naik ke atap bangunan di sebelah lokasi kebakaran untuk memantau pemadaman api. Sekaligus memastikan pemadam kebakaran melokalisir api agar tidak merembet ke bangunan lain.

Personel dari Polres Purbalingga yang datang juga langsung mengamankan lokasi. Selain itu, melakukan pengaturan arus dan rekayasa lalu lintas di jalur jalan raya depan lokasi kebakaran.

Arus lalu lintas menuju lokasi kebakaran ditutup total, sedangkan kendaraan yang melintas dialihkan. Hanya mobil pemadam kebakaran yang diperbolehkan masuk ke lokasi untuk memadamkan api.

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto mengatakan sore ini sekira jam 16.30 WIB telah terjadi kebakaran di toko 8 Saudara PurbaIingga. Kebakaran menimpa satu ruko dan tidak merembet ke toko yang lain.

"Untuk kerugian satu ruko dan tidak merembet ke toko yang lain. Saat ini sudah dilakukan penanganan oleh pemadam kebakaran," ucapnya.

Disampaikan bahwa untuk melakukan pemadaman api di lokasi, didatangkan mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara bahkan Cilacap. Dibantu juga sejumlah mobil tangki pengangkut air.

"Kurang lebih kekuatan ada sekitar 16 sampai 17 kendaraan yang saat ini terlibat dalam proses pemadaman," jelasnya.

Menurut Kapolres, penyebab kebakaran atau sumber api saat ini masih dalam proses penyelidikan. Namun berdasarkan keterangan karyawan api berasal dari bagian atas toko. 

"Karena toko berisi barang yang mudah terbakar sehingga api dengan cepat menyebar. Yang diantisipasi yaitu mencegah api merembet ke bangunan pemukiman warga di bagian belakang," ucapnya.

Kapolres menambahkan untuk kejadian kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sudah dilakukan cros cek oleh karyawan, pihak pemilik dan supervisor toko tidak ada karyawan yang tertinggal seluruhnya selamat.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran PurbaIingga, Suselo mengatakan sampai saat ini pukul 20.47 WIB masih dilakukan pemadaman di lokasi. Sementara asih dilakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

"Kesulitan dalam pemadaman akibat materil yang terbakar kebanyakan plastik sehingga banyak menimbulkan banyak asap mengganggu proses pemadaman," ucapnya. (Imam Santoso)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Purbalingga Bantu Evakuasi Barang di Lokasi Kebakaran Toko 8 Saudara

Trending Now

Iklan