CLOSE ADS
CLOSE ADS

Sukses Ignasius Jonan Sebagai Ketua Panitia Penyambutan Paus Fransiskus

SuaraNegeri.com
05 September 2024 | 17:04 WIB Last Updated 2024-09-05T10:04:25Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Ignasius Jonan belakangan sibuk dengan persiapan menyambut kedatangan pemimpin Gereja Tertinggi Katolik sedunia, Paus Fransiskus. Mantan Dirut KAI ini memiliki peranan besar di balik hukum Paus Fransiskus di Indonesia. 

Dia ditunjuk sebagai Ketua Panitia Penyambutan Paus Fransiskus di Indonesia oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Berbagai kegiatan sebelum dan sesudah Paus tiba di Indonesia pun selalu dibagikan di akun media sosial pribadinya. 

Ketua Panitia Penyambutan Paus Fransiskus tersebut dulunya sukses menggebrak modernisasi KAI, sosok Ignasius Jonan kini berperan besar di balik Lawatan Paus Fransiskus ke RI Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta. 

Ignasius Jonan merupakan seorang pengusaha yang sempat terjun di dunia pemerintahan. Sejumlah jabatan prestisius pun pernah diduduki oleh Jonan. Salah satunya adalah sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) sejak tahun 2009 hingga 2014. Saat menjabat sebagai Dirut KAI, Jonan berhasil menggebrak modernisasi KAI. 

Menurut, Yuwono Setyo Widagdo Ketua Bid.BUMN DPP KNPI menilai dalam masa kepemimpinannya, PT KAI terjadi peremajaan sarana yang cukup banyak. Mulai dari pembangunan SDM,Infrastruktur hingga peluncuran kereta-kereta baru hingga mendatangkan 100 lokomotif seri CC206 untuk angkutan barang dan penumpang di Jawa. 

"Pak Jonan sukses merubah sistem tiket masuk kearah digitalisasi sehingga memangkas percaloan tiket kereta api dengan menerapkan sistem boarding pass,"sambungnya. 

Jonan juga tercatat memperbanyak toilet di stasiun dan menggratiskan penumpang untuk menggunakannya. seperti diketahui dulunya toilet di stasiun berbayar. Di tangan dingin Jonan, kereta api juga kini dilengkapi dengan AC dan diberi larangan merokok. 

"Ketika menjabat Menteri ESDM, Pak Jonan juga berhasil melakukan pembicaran dengan Freeport untuk mengakuisisi saham 51% untuk Indonesia," tutupnya. 

Setelah menjabat sebagai Dirut PT KAI, Jonan kemudian masuk ke dunia pemerintahan. Sejumlah posisi menduduki posisi yang diduduki oleh pria kelahiran 21 Juni 1963 ini. 

Adapun riwayat jabatan Ignasius Jonan di pemerintahan adalah sebagai berikut: 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (2009-2014).

Menteri Perhubungan (2014-2016).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016-2019). (in-ces)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Ignasius Jonan Sebagai Ketua Panitia Penyambutan Paus Fransiskus

Trending Now

Iklan