CLOSE ADS
CLOSE ADS

TPS Terpadu Desa Surajaya Diharapkan Atasi Persoalan Limbah Sampah Di Pemalang

SuaraNegeri.com
24 September 2024 | 21:00 WIB Last Updated 2024-09-24T14:00:01Z

SUARA NEGERI | PEMALANG —  Guna menyelesaikan Solusi limbah Sampah di masyarakat melalui PT Aneka Usaha Kabupaten Pemalang, Mansur Hidayat meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, pada Selasa (24/9).

Bupati Mansur Hidayat mengatakan, Pembangunan TPST ini merupakan jawaban atas meningkatnya volume Sampah di Kabupaten Pemalang, yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

“Selama ini, pengelolaan Sampah di Kabupaten Pemalang masih menjadi tantangan. TPST ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dan berkelanjutan," ujarnya.

Ia berpesan kepada pengelola TPST yang sudah ada dan beroperasi agar terus berjalan, jangan sampai tempat pengelolaan sampah itu berhenti atau mangkrak.

TPST Surajaya memiliki kapasitas pengolahan sampah hingga puluhan Ton per hari. 

Fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi modern untuk memilah, mengolah, dan memproses Sampah secara terpadu. 

Proses pengolahan meliputi tahap pre-processing, pengolahan fisik, dan pengolahan biologi. Pada tahap pre-processing, Sampah ditimbang dan disimpan untuk menentukan area penimbunan. 

Selanjutnya, Sampah diolah secara fisik dengan cara dicacah, dipilah berdasarkan ukuran dan berat jenis (khususnya untuk sampah plastik), serta dipilah berdasarkan sifat kemagnetan (untuk sampah logam). 

Tahap akhir adalah pengolahan biologi, yaitu pengomposan dan produksi gas bio yang memanfaatkan mikroorganisme untuk mengolah Sampah Organik.

“TPST ini tidak hanya mengolah Sampah, tetapi juga menghasilkan produk bermanfaat seperti kompos dan gas bio yang dapat dimanfaatkan kembali,” tambah Bupati Mansur.

Dengan beroperasinya TPST  Surajaya, diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan sampah di Kabupaten Pemalang, mengurangi dampak negatif Sampah terhadap lingkungan, dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. (rudi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TPS Terpadu Desa Surajaya Diharapkan Atasi Persoalan Limbah Sampah Di Pemalang

Trending Now

Iklan