CLOSE ADS
CLOSE ADS

33 Kepala Negara Bakal Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran Besok

SuaraNegeri.com
19 Oktober 2024 | 17:37 WIB Last Updated 2024-10-19T11:16:05Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Sebanyak 33 kepala negara dan setingkatnya dikonfirmasi akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10).

"Jumlah Kepala Negara 20, plus 1 (utusan PBB) dan jumlah perwakilan khusus Kepala Negara sejumlah 13," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, hari ini. 

Salah satu tokoh dunia yang hadir adalah Presiden Federasi Jerman 2010-2012, Christian Wulff, yang telah tiba di Jakarta, sejak Jumat, 18 Oktober 2024, kemarin. 

Kedatangan Christian Wulff, ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Christian Wulff disambut oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma disertai dengan upacara penghormatan. 
 
Sementara Ketua MPR, Ahmad Muzani mengatakan tamu-tamu VVIP dari berbagai negara mulai berdatangan hari ini. 

"Tamu negara yang hari ini menyatakan confirm, kepala negara dan setingkat kepala negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN," ujar dia di Kompleks MPR, Sabtu (19/10).

Pesta Rakyat di Jakarta

Bersamaan dengan hari pelantikan Prabowo-Gibran sebagai pemimpin negara, Pemerintah Provinsi Jakarta menyiapkan 13 panggung rakyat.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan panggung rakyat ini akan tersebar di 13 titik terpisah sepanjang Jalan Medan Merdeka, kawasan Thamrin hingga Sudirman.

“Terdapat 13 titik lokasi panggung,”tulis Syafrin dalam keterangannya.

Karena acara panggung rakyat ini, Syafrin menegaskan kegiatan car free day (CFD) yang biasa diselenggarakan tiap hari Minggu di ruas jalan tersebut ditiadakan.

Dia menjelaskan, hal tersebut merujuk pada Pasal 5 ayat 1 yang berbunyi dalam rangka mendukung kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional) dimana kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus maka pelaksanaan HBKB ditiadakan.

“Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) akan ditiadakan,” ungkap dia.

Berikut 13 titik panggung rakyat berdasarkan lokasinya:

Titik 1 Panggung Sumatera: Depan Gedung BRI

2. ⁠Titik 2 Panggung Kalimantan: Depan Mid Plaza

3. ⁠Titik 3 Panggung Sulawesi: Depan Gedung BNI Tower

4. ⁠Titik 4 Panggung Nusantara: Depan Gedung Plaza Indonesia (HI)

5. Titik 5 Panggung Jawa: Depan Gedung Sarinah

6. Titik 6 Panggung Papua: Bundaran Patung Kuda

7. Titik 7 Panggung Merah Putih: Taman Pandang Istana Merdeka

8. Titik 8 Panggung Rakyat: Depan Hotel Mandarin Oriental

9. Titik 9 Panggung Rakyat: Depan Darma Intiland

10. Titik 10 Panggung Rakyat: Depan Gedung Jaya

11. Titik 11 Panggung Rakyat: Area Chillax

12. Titik 12 Panggung Rakyat: Pintu 6 GBK

13. Titik 13 Panggung Rakyat: Depan FX Sudirman.  (R/01)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 33 Kepala Negara Bakal Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran Besok

Trending Now

Iklan