CLOSE ADS
CLOSE ADS

Dorong Ekonomi Petani Nilam di Bangunemo, Cawagub Sulaiman Agusto Siapkan Alat Mesin Penyuling

SuaraNegeri.com
24 Oktober 2024 | 08:37 WIB Last Updated 2024-10-24T01:39:09Z

SUARA NEGERI | BANGKEP — Upaya meningkatkan perekonomian bagi para petani, budidaya tanaman nilam mulai dikembangkan kembali di desa Bangunemo, Kecematan Bulagi Utara, Kabupaten Bangkep.
 
Untuk mendorong semangat dan memotivasi para petani, Cawagub Mayjend (Purn) Sulaiman Agusto Hambuako mengunjungi pembibitan tanaman Nilam dan berdiskusi bersama petani setempat.

Cawagub Sulaiman Agusto Hambuako mengatakan, tanaman nilam memiliki manfaat yang banyak dan nilai jual yang tinggi, juga dapat meningkatkan perekonomian para petani.

“Tanaman Nilam ini merupakan bahan baku kosmetik dan masyarakat bangunemo memproduksi, nanti kita akan berupaya membantu petani nilam untuk menyiapkan alat penyuling minyak nilam, sehingga nilai tambah dari hasil penanaman nilam ini lebih besar dibanding mereka hanya menitip ke tempat - tempat penyulingan,” ujarnya.

Nilam yang dikenal dengan nama latin Pogostemon Cablin Benth, menghasilkan minyak atsiri atau minyak nilam (patchouli oil). Minyak ini bermanfaat untuk bahan dasar parfum, kosmetik, sabun, aromaterapi, serta penyembuhan fisik, mental, dan emosional.

Sementara Petani Nilam, Melki mengucapkan terimakasih kepada Cawagub Sulteng nomor urut 3 Sulaiman Agusto Hambuako telah mengunjungi pembibitan nilam di Desa Bangunemo dan berdiskusi bersama dengan para petani.

“Kami para petani berharap jika terpilih nantinya dapat membantu petani nilam dengan mesin penyulingan sehingga nilai produktivitas hasil pertanian Bangunemo meningkat,” ujarnya.

Pada pemilihan umum Gubernur Sulawesi Tengah 2024 Sulaiman Agusto Hambuako mendampingi Gubernur Sulawesi Tengah Petahana H Rusdy Mastura sebagai calon Wakil Gubernur.Pasangan bertagline SANGGANIPA ini di usung oleh dua partai parlemen yakni PDIP dan Partai Hanura serta didukung oleh empat partai non parlemen diantaranya Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora dan Partai Umat.(DhankZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dorong Ekonomi Petani Nilam di Bangunemo, Cawagub Sulaiman Agusto Siapkan Alat Mesin Penyuling

Trending Now

Iklan