CLOSE ADS
CLOSE ADS

Padungku di Tentena, Sulaiman Agusto: Tradisi Pengucapan Syukur Masih Dilestarikan

SuaraNegeri.com
09 Oktober 2024 | 12:17 WIB Last Updated 2024-10-09T05:17:55Z

SUARA NEGERI | TENTENA — Padungku atau Pengucapan syukur masyarakat kabupaten poso khususnya di wilayah Tentena  adalah suatu hal yang sering dilakukan ketika musim panen usai. Hal ini ditandai dengan acara ibadah raya yang dilaksanakan hampir semua umat di wilayah itu.

Ucapan syukur padungku yang diawali dengan ibadah raya gereja dimoria Tentena itu, dihadiri langsung oleh Cawagub Sulteng nomor urut 3 Sulaiman Agusto Hambuako.


Penyambutan adatpun dihelat, berupa tarian dan diiringi musik tradisional Pamona. Para tamu undangan diarak menuju ke dalam gedung Gereja yang disambut oleh warga jemaat berpakaian adat yang berdiri berjejer rapi di pintu masuk gereja.  

Cawagub Sulteng Sulaiman Agusto menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh umat kristiani yang saat ini melaksanakan ibadah syukur tahunan dan dimana tahun ini juga diadakan festival danau Poso. 

“Ucapan syukur ini merupakan merupakan landasan umat kristiani untuk menyatakan syukur kepada Tuhan,” ujarnya saat di wawancarai di GkST Moria Tentena, jl jendral Sudirman, Tentena, Kabupaten Poso, Rabu (9/10/2024).

Sulaiman Agusto mengajak kepada seluruh masyarakat Tentena untuk terus menciptakan hal hal yang positif, selalu mempererat tali silahturahmi dan selalu mengucap syukur atas berkat Tuhan.

“menyampaikan  selamat kepada jemaat Moria Tentena Dalam semangat kebersamaan Karena budaya ini adalah salah satu yg mempersatukan kita dalam bingkai Sintuwu Maroso,”tuturnya.

Jendral Bintang dua tersebut juga berharap Kegiatan Padungku atau pengucapan syukur atas hasil usaha berupa panen sawah atau kebun masyarakat, merupakan kegiatan yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat Tentena kabupaten Poso  di era modernitas saat ini.  

Usai ibadah, masyarakat bersilaturahim dengan saling mengunjungi dan menyantap berbagai jenis menu makanan dan minuman seperti halnya pada Natal dan Tahun Baru.(DhankZ)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Padungku di Tentena, Sulaiman Agusto: Tradisi Pengucapan Syukur Masih Dilestarikan

Trending Now

Iklan