CLOSE ADS
CLOSE ADS

TBM Harun Ar Rasyid Padakaton, Ikuti Pelatihan Pendampingan Anak Putus Sekolah

SuaraNegeri.com
14 Oktober 2024 | 20:10 WIB Last Updated 2024-10-14T13:10:07Z

SUARA NEGERI | BREBES — Taman Baca Masyarakat (TBM) Harun Ar Rasyid, Padakaton, ikuti Pelatihan Pendampingan Anak Putus Sekolah yang di gelar Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Brebes, Senin (14/10/2024).

Mas Fery, Presiden Forum Pengusaha Muda Brebes (ForBes) yang Juga Pengurus Rumah Baca Harun Ar Rasyid, salah satu peserta, selain mengapresiasi ia juga mengaku  senang bisa menigkuti acara ini, menurutnya  dan mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat. Terutama materi-materi tentang anak-anak putus sekolah.

"kami tentu sangat senang dapat ikuti acara ini, selain dapat menambah ilmu baru, terutama materi materi tentang anak putus sekolah, sekaligus bangga sebagai bagian dari Gerakan kembali bersekolah," ucap Mas Fery usai acara.

Fery berharap Pemerintah Kabupaten brebes terus memperhatikan pendidikan agar bisa meningkatkan IPM Kabupaten yang lebih baik, sekaligus selalu memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan.

"materi materi yang disampaikan itu sangat bermanfaat sekali, semoga Pemda Brebes terus memberikan perhatian khususnya kepada masyarakat pejuang pendidikan," katanya.

Sementara itu pelatihan yang mengundang sekitar 21 Perwakilan Kepala Perpusdes dan 19 Perwakilan TBM se Kabupaten Brebes itu disampaikan pemateri, Adi Assegaf,
Pendampingan Anak Putus Sekolah dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia  (IPM) itu sangat penting, salah satunya memahami latar belakang anak putus sekolah.

"Penting untuk memahami melalui metode pendampingan, Pendekatan layanan kepada masyarakat, Membangun kepercayaan dengan orangtua dan anak, Serta Peran Masyarakat dalam meningkatkan IPM di Brebes, Dukungan dari orang tua, Masyarakat dan Pemerintah, Kolaborasi dengan lembaga pendidikan setempat, Perpustakaan Desa, dan Taman Bacaan Masyarakat juga menjadi penting dalam mewujudkan gerakan kembali bersekolah," ujar Adi Asegaf.

Adi juga menilai pendekatan yang empatik dan berkelanjutan dari pemerintah setempat dalam mewujudkan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Diperlukan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan keterampilan pendampingan. Memberikan motivasi kepada anak-anak putus sekolah agar kembali sekolah, Pelatihan soft skill bagi anak putus sekolah.

Senang bisa ikut acara ini dan mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat. Terutama materi-materi tentang anak-anak putus sekolah di wilayah pemerintah kabupaten brebes.

Pemerintah kabupaten brebes diharapkan selalu memperhatikan pendidikan agar bisa meningkatkan IPM Kabupaten yang lebih baik, Memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, Ucap Mas Fery (Presiden Forum Pengusaha Muda Brebes/ForBes yang Juga Pengurus Rumah Baca Harun Ar Rasyid). (Ron)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TBM Harun Ar Rasyid Padakaton, Ikuti Pelatihan Pendampingan Anak Putus Sekolah

Trending Now

Iklan